17 Februari 2016

Belajar Membaca Berjenjang USAID Prioritas

Kegiatan membaca buku perlu dibiasakan sejak dini. kata orang buku adalah jendela dunia, sehingga dengan membaca buku kita dapa mnambah wawasan tentang dunia. Semakin banyak membaca semakin banyak yang lupa. Jadi, Saya ambil kesimpulan Membaca itu penting.

Sekarang ini, kegiatan membaca buku jarang dilakukan. Membaca buku dianggap sebagai kegiatan yang sangat membosankan. Apalagi saat ini banyak yang memiliki gadget. Banyak yang memilih membaca gadget mereka, entah itu chating, facebookan, bbm dan lain sebagainya. mereka menganggap gadget lebih asik dibandingkan dengan sebuah buku.

Melihat hal tersebut mungkin USAID ingin membiasakan peserta didik untuk asik membaca. USAID memasukkan Kegiatan Belajar Membaca Berjenjang dalam modul III-nya. Saya yang notabenenya sebagai guru di madrasah mitra USAID berkewajiban untuk mengikuti pelatihan Praktek Mengajar yang Baik Modul III.

Saya mengikuti kegiatan ini selama 3 hari. tepatnya mulai tanggal 10-12 Pebruari 2016 di hotel Beringin. Dan mendapat jatah praktek di SD Negeri Klero 02. Alhamdulillah saya mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.


Belajar membaca berjenjang yang saya dapat ini terdiri dari 3 tahapan yaitu:
  1. Membaca Bersama
  2. Membaca Terbimbing, dan
  3. Membaca Mandiri.
Dalam membaca bersama, guru yang membaca siswa yang memperhatikan. Fokus yang digunakan dalam membaca Bersama meliputi Fokus Prediksi, Fokus Kosakata dan Tanda baca, Fokus Pemahaman dan Fokus Merangkum.

Kegiatan Membaca terbimbing lebih memperhatikan siswa yang dianggap kurang dalam membaca. Dalam kegiatan ini, Siswa yang membaca sedangkan guru membimbing siswa. Fokus yang dipakai pun sama dengan kegiatan membaca Bersama.

Terakhir, Membaca mandiri. Disini Siswa diberi kebebasan untuk memilih dan membaca buku yang di pilih sesuai keinginannya. Tugas guru disini adalah mengajari siswa untuk memilih buku yang tepat untuk siswa dengan berbagai metode. Salah satunya dengan metode 5 jari.

Nah itulah sepintas tentang kegiatan Belajar Membaca Berimbang. Bagi Sobat yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh lagi bisa komentar di bawah atau langsung hubungi kontak saya.

0 Comments

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa sopan dan mudah dimengerti